Tuesday, February 15, 2011

Cara Membuat Surat Dengan Mailmerge

ASSALAMU'ALAIKUM WARAKHMATULLOHI WABARAKATUH

Membuat surat dengan mailmerge untuk memudahkan pencetakan dan pekerjaan yang berulang-ulang akan saya beberkan sedikit satu demi satu semoga dapat membantu anda dalam praktek atau pekerjaan sehari-hari. Ini kami buat Master surat dalam bentuk Word atau olah kata dan Data source dalam bentuk Excell atau olah angka yang dientry dalam bentuk tabel untuk program olah kata. Adapun langkahnya secara rinci sebagai berikut :

Format surat dibuat dalam olah kata versi 2007 dan dimerged dengan data source dalam format oleh angka versi 2007. Adapun langkahnya sebagai berikut :

  1. Ketiklah master surat di olah kata versi 2007 seperti petikan surat dalam gambar berikut dibawah ini beri nama file master Surya62:
  2. Ketiklah data sourcenya di olah angka setelah selesai simpan dengan nama file mail1 di mydoc dan kemudian tutup olah hasilnya/keluar dari program olah angka, hasil data source sebagaimana gambar berikut ini :
  3. Kembali ke data documen master surya62 untuk melaksanakan merged dengan data yang telah tersimpan di mydoc nama file data mail1, dengan langkah sebagaimana gambar berikut yaitu dengan memilih :
    • klik kiri Menu Mailling
    • pilih icon start mailmerge.
    • pilih icon select recipients dan pilih dengan klik kiri menu use existing list.
    • Marketing Bisnis

    • selanjutnya akan tampil data yang tersimpan di mydoc dengan nama file mail1 dan klik open, seperti gambar berikut :
    • Setelah di klik open akan tampil jendela pilihan sheet1 dimana kita menempatkan hasil kerja data sourcenya mail1 si sheet1 :
    • Tindakan berikutnya adalah pilih icon insert merge field untuk memasukkan data source ke data master surya62 yang masih aktif, perlu diingat kursor letakkan pada tempat dimana data field akan dimasukkan. Cara memasukkan data field harus satu persatu. Gambar berikut ini terlihat ketika akan memasukkan data field kedua pada baris kedua yaitu data field nama dengan kode F2 dengan double klik kiri atau klik dan insert maka akan masuk pada baris nama dimana kursor berada. Karena data terdapat lima field maka lakukan lima kali untuk memasukkan data filed tersebut :
    • Selesai memasukkan data field selanjutnya klik kiri icon preview results seperti gambar berikut :
    • jalankan secara manual radio button hingga angka tiga dimana baris pertama data berada, maka akan nampak hasil mergednya seperti gambar berikut ini :
    • Selanjutnya tinggal menjalankan radio button hingga lima kali. jika berhasil maka data akan berubah sesuai urutan fieldnya sebagaimana yang kita entri pada data mail1/data soucenya.
  4. Sering terjadi kasus bahwa nilai prosentasi akan tidak sesuai dengan kehendak misalnya terjadi seperti ini 5,0000000000001E-2 hal ini terjadi karena simpangan deviasi atau tak terhingga. Cara mengatasinya dengan mengatur setting komputer dari menu Tools — Options … Pada tab General, beri centang pada Confirm conversion at Open , perhatikan gambar berikut ini :
  5. *MAC.com: MrActionClub.com; AV.com:AsetVirtual.com; RB.com: RahasiaBlogging.com

  6. Selanjutnya untuk olah kata versi 2003 dari berbeda pada opsi pilihan langkah pencarian data soucenya yaitu ketika pilih data mail1 maka akan tampil jendela konfirmasi data dengan klik kiri pada microsoft excel worksheet via DDE seperti gambar berikut dibawah ini :
  7. Selanjutnya tampil jendela name or cell range pilihlah nama range yang sudah didefinisikan pada Excel atau memilih Entire Spreadsheet seperti gambar berikut :
  8. Untuk berikutnya cara memasukkan data field satu demi satu sama dengan langkah diatas.
Demikian uraian dari saya yang didukung oleh sobat blogger maseko.com, silahkan ambil atau unduh saja disini semoga bermanfaat. Anda ingin berbagi dengan kami silahkan klik disini atau disini untuk menjadi donasi, terimakasih atas kunjungannya. Salam sukses dari kami sekeluarga.... petiklah manfaat dan bagikan kepada yang lain dengan meninggalkan pesan pada komen serta berikan link untuk saya. Untuk monik-monikku yang tersayang... belajarlah yang terbaik untuk menjadi yang terbaik. Cintai bangsa sendiri Indonesiamu bersatu bersama SMKku maju. Merdeka !!! atau mati yang takkan pernah berarti !!! Sumbangkan darahmu untuk berbakti pada Ibu pertiwi

WASSALAMU'ALAIKUM WARAKHMATULLOHI WABARAKATUH

Bergabunglah untuk cari uang tak berbelit-belit!

Join wazzub Now

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.