ASSALAMU'ALAIKUM WARAKHMATULLOHI WABARAKATUH
Ringkasan oleh: Surya546Penggunaan metoda penugasan dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung tentang penjumlahan bagi siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 2 Gebangsari Kec. Klirong Kab. Kebumen Jawa Tengah, Indonesia. Oleh : Siti Kuwati S.Pd.
Masalahnya adalah menurunnya nilai matematika yang drastis karena tidak adanya perhatian orang tua,/keluarga, gangguan lingkungan akibat tayangan televisi sepanjang hari dan faktor ekonomi keluarga yang rentan terhadap tingkat pendapatan keluarga. Konsentrasi peneliti pada peningkatan metoda pembelajaran dengan sistim penugasan. Peneliti mendasarkan pada teori Gagne, Briggs dan Wager (Oemar Hamalik dalam Dinn Wahyudin dkk (2007:3:34), dikatakan bahwa dalam pembelajaran harus melalui metoda, pendekatan dan strategi yang sistemis melalaui perencanaan, interpendence dan tujuan yang jelas.
Dalam Pembelajaran Matematika (Gatot Muhseto, 2008: 1, 26) bahwa dalam pembelajaran Matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada siswa melaui serangkaian kegiatan yan terrencana sehingga siswa memperoleh kompetensi yang dipelajari. Berdasarkan dalil notasi menyatakan bahwa konsep tertentu harus disesuaikan dengan tahap perkembangan mental siswa secara bertahap dan berurutan dari yang sederhana hingga yang kompleks, dari yang kecil hingga yang paling besar sehinga pendekatan yang tepat dengan spiral sistem yakni notasi-notasi bertingkat.
Dengan demikian mengenali siswa secara mendalam lebih penting untuk menemukan metoda yang tepat dalam pembelajaran. Metoda penugasan dengan pendekatan spiral sistem adalah alternatif untuk memecahkan masalah dalam penlitian. Bersdasarkan referensi dari penelitian sebelumnya dan tindakan peneliti yang dilakukan dengan metoda daur ulang (Penelitian Tindakan Kelas) hingga tiga tahap atau tiga siklus (Rusna Ristasa, 2007:7) berkesimpulan bahwa penggunaan metoda penugasan dalam pembelajaran matematika di kelas 1 Sekolah Dasar dapat mengaktifkan siswa hingga 90%, motivasi siswa hingga 93% dan pencapaian tingkat ketuntasan siswa hingga 86%.
Jadi metoda penugasan dapat mengatasi siswa aktif belajar baik penugasan dalam kelas maupun penugasan di rumah dengan meningkatkan home visit sehingga motivasi belajar siswa meningkat dan ketercapaian pembelajaran lebih baik/meningkat. Harapan peneliti semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi keluarga besar Sekolah Dasar Negeri 2 Gebangsari khususnya dan Sekolah Dasar lainnya untuk meningkatkan mutu layanan pembelajaran dan professionalisme guru dalam mengajar.
Metoda Penugasan Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar Matematika Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/exact-sciences/mathematics/2139118-metoda-penugasan-meningkatkan-keaktifan-siswa/
WASSALAMU'ALAIKUM WARAKHMATULLOHI WABARAKATUH
Bisnis terpercaya di Joko Susilo.com dan Stop Dreaming in action Info Toko Surya62. Bisnis spektakuler Best Marketing place, Konten Islami, Bisnis click-bank, Blakblakan Marketing Online, Smart Machine System V 2.0, submit terbaik, MobiGarda-Iphone. Mari cari Uang di Internet bersama dengan klik berikut ini di Info Toko Surya62
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.