Sunday, September 04, 2011

Manik-manik Tingkatkan Pembelajaran Matematika

Manik-manik Tingkatkan Pembelajaran Matematika

Kata kunci : Hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan media konkrit manik-manik. Berikut ini adalah hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh Siti Munsiyati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka, dengan judul Media konkrit Manik-manik untuk meningkatkan belajar Matematika bagi siswa kelas 1 di SD Negeri 4 Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah Indonesia.
Hasil penelitian tindakan kelas saya cuplik dari abstraksinya sebagai berikut : Tujuan penelitian tindkaan kelas adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media konkrit manik-manik dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bagi siswa kelas 1 SD Negeri 4 Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada masa pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan kepda siswa kelas 1A SD Negeri 4 Kedawung yang berjumlah 38 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 23 anak perempuan. Tempat penelitian diruang kelas 1A SD Negeri 4 Kedawung dengan ukuran ruang 7x7,5 M2. Posisi tempat duduk siswa satu meja dua kursi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dalam waktu kurang lebih dua bulan, dengan perincian tahapan "persiapan" pada minggu kedua bulan Oktober 2009, tahap "pelaksanaan" pada minggu ketiga dan keempat dilanjutkan minggu pertama bulan Nopember 2009, tahap "pelaporan" pada akhir bulan Nopember 2009.
Prosedur penelitian tindakan kelas terbagi atas Perencanaan, Pelaksanaan, Observing dan reflecting. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dua kali petemuan setiap pertemuan 2 jam pelajaran (2x35 menit). Media yang digunakan adalah media dalam bentuk konkrit manik-manik untuk melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Teknik pelaksanaan disetiap siklus yakni siklus pertama menggunakan satu media konkrit manik-manik, pada siklus kedua satu kelompok satu media konkrit manik-manik dan pada siklus ketiga setiap siswa menggunakan satu media konkrit manik-manik.
Hasil penelitian adalah pada siklus pertama nilai rata-rata kelas mencapai 65,9 sedangkan nilai awal soswa dalam pembelajaran matematika rata-rata kelas mencapai 58,8 jadi terdapat peningkatan 7,10. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar meningkat dari 10 siswa atau 26% menjadi 19 atau 50%.
Pada siklus kedua nilai rata-rata kelas mencapai 75,1 jadi terdapat peningkatan 9,2 dan siswa yang tuntas belajar mengingkat hingga 24 siswa atau 63%.
Pada siklus ketiga nilai rata-rata mencapai 88,1 jadi ada peningkatan prestasi siswa sebanyak 13 dan siswa yang tuntas belajar mencapai 36 siswa dari 38 siswa yang ada atau 94%, siswa yang belum tuntas 2 anak. Nilai kriteria minimal ketuntasan belajar siswa adalah 65 dan kriteria keberhasilan siswa belajar ditentukan diatas 70%.
Kesimpulannya adalah : "Tindakaan pembelajaran menggunakan media konkrit manik-manik dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika bagi siswa kelas 1A SD Negeri 4 Kedungwinangun Pejagoan Kebumen tahun pelajaran 2009/2010.
Bagi yang tertarik penelitian ini dapat menghubungi 081328091503 atau menghubungi email atau lainnya diblog ini. Bagi yang suka silahkan bagikan kepada yang lain agar pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi yang lain untuk mengukir anak bangsa agar lebih kreatif dalam belajar matematika di kelas 1 Sekolah Dasar. Demikian konten saya kali ini semoga dapat berarti bagi kita sekalian. Sudah btentu konten ini saya bagi untuk para dewan guru yang perhatian terhadap perubahan, sukses Guru Indonesia!!!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.