Monday, February 20, 2012

Soal Uji Sertifikasi Guru-2012

Soal Uji Sertifikasi Guru-2012

Info Toko Surya62

Sahabat Guru Yang terhormat dan yang dirakhmati Allah Swt. berikut ini mungking yang Anda cari sehubungan dengan persiapan uji tes awal sertifikasi guru sebelum masuk ke PLPG pada rayon masing, Perlu diketahui bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan PSDMP dan PMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) dalam websitenya Kemendiknas telah menerbitkan kisi-kisi uji kompetensi awal sesuai bidang studi sertifikasi masing-masing.

Bapak/Ibu Guru..., bersabarlah.. untuk memperoleh yang terbaik ...!. Bagi yang bermaksud mengetahui kisi-kisi uji kompetensi awal sesuai bidang studi sertifikasi, silahkan klik link berikut ini atau kunjungi situs resminya (pilihlah sesuai kebutuhan saja, sabar ya sobat ? semua kebagian kok... :

  1. PKn Please
  2. Bahasa Indonesia Please
  3. Penjaskes Please
  4. Seni Budaya Please
  5. Sejarah Please
  6. Matematika Please
  7. Bahasa Inggris Please
  8. Fisika Please
  9. Kimia Please
  10. IPA SMP Please
  11. IPS SMP Please
  12. T I K Please
  13. Biologi Please
  14. Sosiologi Please
  15. Ekonomi Please
  16. Geografi Please
  17. Untuk lainnya silahkan klik link berikut :
  18. B K - B P Please
  19. Guru SD Please
  20. PAUD dan TK Please

Kemduian khusus bagi guru SMK (SMK Ok Bisa...!!!), informasi lebih lanjut dapat dilihat di  Kisi-kisi Sertifikasi Guru SMK atau kunjungi situsnya di sini saja.

Selamat berusaha dan hindarkan stres, maksud saya jangan terburu-buru ya.. karena pengalaman saya yang telah mengikuti perihal ini adalah usaha, belajar dan tidak putus berharap kepada Allah SWT. maksud saya Do'a. Jadilah Guru Yang Baik. Sukses Guru Indonesia!!!

Untuk yang terbaru di Jawa Tengah silahkan kunjungi situs LPMP Jateng berikut untuk masalah kisi-kisi Ujian Kompetensi Awal Sertifikasi Guru 2012 versi lengkap Silahkan disini atau juga dapat didownload dari server LPMP Jateng.

Bapak/Ibu Guru, sebenarnya untuk contoh soal yang akan diujikan pada tahap awal Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012 masih merupakan rahasia. karena Kepala LPMP sendiri, belum melihat bentuk dan contoh kongkritnya. Namun secara garis besar, uji kompetensi awal merupakan dasar dari kemampuan profesional guru sesuai dengan pedoman, tuntunan, peraturan kemendiknas atau terkait, tentang profesionalisme guru.

Materi Uji Kompetensi untuk Sertifikasi Guru 2012 tahap awal menitik beratkan pada kemampuan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Jadi kemungkinan soal yang sama berlaku pada semua jenjang tingkat sekolah, mulai TK sampai SMA. Setelah lolos Uji Kompetensi Sertifikasi Guru 2012 tahap awal kemudian mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Untuk ini tentunya akan ada uji kompetensi akhir sesuai dengan materi yang telah disampaikan sewaktu mengikuti PLPG. SIlahkan Dewan Guru untuk membuktikan kemampuan Ajarnya dengan membuat RPP yang terbaik, tidak ada yang paling benar dalam hal ketentuan RPP namun ada pola minimal yang telah digariskan untuk membuat RPP.

Mampukah Bapak/Ibu membuat RPP untuk berlatih di PLPG dalam waktu belajar 30 menit tahap pertama, 35 menit tahap kedua dan 40 menit tahap ketiga ? tentu Bapak/Ibu harus berlatih dari sekarang bagaimana cara mengajar yang baik dalam waktu yang telah ditentukan tersebut namun telah melakukan lengkap dari persiapan, menyampaikan ilmu/materi, evaluasi dan umpan balik bahkan sampai dengan kemungkinan adanya reward untuk siswa. Adapun perihal yang dinilai diantaranya adalah :

  1. Cara membuat RPP sesuai materi yang akan di latihkan dalam waktu yang tersebut diatas disingkronisasi dengan Cara Guru Mengajar sesuai RPP yang dibuat. Nilai tertinggi kurang lebih 40 untuk kompetensi ini;
  2. Kemampuan ajar bagi guru diantaranya kemampuan penguasaan materi dan cara menyampaikannya dengan media yang akurat serta ketepatan waktu mengajar, nilai tertinggi kurang lebih 80;
  3. Kemampuan menyaji secara urut kegiatan dari awal mengajar, isi, feedback siswa/respon siswa serta kemungkinan adalanya reward dinilai paling tinggi 110;
  4. Serta nilai lainnya yang kemudian akan dikomulatifkan menjadi nilai kompetensi Paedagogik.
Jadi kompetensi dalam sertifkasi guru yang harus dicapai diantaranya adalah :
  • Kompetensi Paedagogik, seperti kemampuan mengajar dengan ilmu yang benar seperti metoda atau teknik mengajar yang tepat sesuai tuntutan materi termasuk analisa media yang tepat sesuai materinya dan alikasi waktu yang tepat;
  • Kompetensi Personal, penguasaan ilmu sesuai spesifikasi bidang studi termasuk performance guru;
  • Kompetensi Sosial, kemampuan guru untuk beraktifitas diluar kelas/sekolah yang diukur untuk rentan waktu dua tahun atau berurut. Jadi kegiatan yang kurang dari minimal dua tahun tidak mendapat nilai.

Demikian perhal pengalaman saya pada saat mengikuti PLPG, saran saya jangat mempersulit diri, carilah materi yang memang tepat waktu untuk diajikan dalam waktu yang ditentukan dengan mentukan satu KD pada satu sub topik bahasan saja, jangan bertele-tele yang akan menyebabkan kesulitan bagi diri sendiri. Bagi guru yang akan melihat contoh Soal Uji Kompetensi tahap awal untuk Sertifikasi Guru 2012 silahkan download dari situs berikut, sekali lagi ini hanya contoh atau mungkin prediksi saja lah ya.... jangan serius banget deh. Silahkan klik ya...? jangan salah lho...

  • Download contoh soal uji kompetensi awal sertifikasi guru lewat ziddu Silahkan disini
  • Download contoh soal uji kompetensi awal sertifikasi guru Via Mediafire Silahkan disini

Selamat menempuh uji komptensi sertifikasi Guru Indonesia, semoga Anda adalah yang terbaik dan sukses di tangan Anda, aamiin. Salam dari saya untuk Anda dan keluarga, tekun...sabar dan tawakkal adalah alternatif untuk menghindari streees. Jujurlah... jangan kecewa bila Anda gagal, karena Anda telah bersaing dari quota yang telah ditetapkan pemerintah, Anda adalah pahlawan bagi keluarga dan bagi diri Anda sendiri. Selamat...Anda telah mengalahkan nurani dengan keputusan yang tegas, meski gagal bukanlah menjadi hambatan untuk menjadi Guru yang terbaik. Hidup Guru Indonesia, mari majukan Bangsa dengan membangun generasi yang tangguh dengan iman, olmu dan amal.

Sumber : 


No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.