Sunday, November 20, 2011

Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK

Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK

Judul Penelitian Tindakan Kelas :
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN PRESENT CONTINUOUS TENSE PADA SISWA KELAS X TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF SMK XX TAHUN 2009-2010.
Kata Kunci :
Materi pembelajaran, bentuk waktu (tenses) Present Continuos Tense
ABSTRAKSI

Mata diklat Bahasa inggris merupakan salah satu mata diklat adaptif dalam kurikulum SMK. Salah satu aspek kompetensi yang hrus dikuasai siswa adalah mampu menulis (writing) sesuai dengan bentuk waktu (tenses). Dan salah satu cara untuk mengukur kemampuan dalam menulis (writing) adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

PTK adalah salah suatu bentuk pengajaran penelitian atau inkuiri melalui refleksi diri yang dilakukan oleh peserta pendidikan tertentu (misalnya guru, siswa dan atau kepala sekolah) untuk memperbaiki rasionalitas atau kebenaran serta keabsahan dari pemahaman, kegiatan dan situasi berbagai kegiatan, yaitu refleksi awal, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan seterusnya hingga mencapai hasil yang memuaskan.

Dengan PTK ini, siswa perlu di tes terlebih dahulu untuk menemukan masalah yang perlu di bina untuk diperoleh solusinya. Dari hasil tes ini direncanakan tindakan yang akan dipilih dengan pertimbangan yang matang. Selanjutnya dilakukan tindakan dan observasi selama penelitian berlangsung. Kemudian, dilakukan evaluasi dan hasil dari evaluasi dan observasi yang telah dilakukan dijadikan sebagai bahan refleksi apakah perlu ada perbaikan (remidial) atau tidak.

Untuk kelengkapan data evaluasi dan observasi dapat juga dilakukan wawancara (interview) kepada siswa. Hal ini dilakukan secara berkelanjutan melalui tiga siklus.

Setelah dilakukan penelitian ternyata terdapat pengaruh penggunaan media gambar pada pembelajaran Present Continuous Tense. Penggunaan media gambar ini menjadikan suasana kelas lebih kreatif dalam menggunakan daftar kosakata (diction) sehinnga siswa mampu menerapkan cara menulis (writing) bentuk waktu (tenses) dan membuktikan pola (pattern) bentuk waktu yang menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung (Present Continuous Tense).

Demikian hasil penelitian yang kami lakukan bersama rekan guru lainnya di SMK XX yang terlaksana atas kerjasama Bidang Kurikulum dengan Guru Bidang Studi Bahasa Inggris dengan biaya mandiri. Bagi yang menghendaki silahkan hubungi saya melalui buku tamu atau komen yang tersedia. Terima kasih kesediaanya untuk membaca naskah ini. Sukses Guru Indonesia, SMK Bisa!!!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.