Monday, November 21, 2011

Tujuh Hukum Dalam Mengajar

Sahabat Blogger yang dirahmati Allah swt, nuansa pendidikan di indonesia semakin dinamis dan kompleks siring dengan perkembangan globlisasi yang merambahnya hingga masuk ke sekolah. Dekadensi moral menjadi titik utama yang harus diperhatikan dimana masyarakat apriori terhadap perkembangan akhlaq outra-putrinya. Teknologi informasi yang menjadi jembatan globalisasi sangat cepat sehingga sulit untuk mengontrol pasang surutnya situasi kondisi.

Guru sekarang benar-benar seperti kata pepatah menjadi seperti ini (Guru kencing berdiri - Murid kencing berlari+ sama sama susahnya. Dilematis ini harus dapat dipecahkan atau dicarikan solusinya agar kemerosotan akhlaq dapat ditolerir atau dapat ditekan sedemikian rupa sehingga tidak terjadi Guru-nya gila muridnya-nya gendeng. Mungkinkah terjadi hal seperti itu ? sangat mungkin sebagaimana pepatah tersebut.

Untuk itu pmbelajaran harus menekankan pada karakter baik karakter sosial, susila maupun agama yang dapat dikemas dalam pengajaran dan menjadi visi - misi pembelajaran yang dimiliki seorang guru kecuali kompetensi didaktik metodik yang wajib dikuasai seorang guru serta kompetensi lainnya yang menjadi jiwa seorang guru yaitu menjadi yang bisa digugu dan ditiru (kata orang Jawa).
Seiring dengan hal tersebut John Milthon Gregory menulis dalam bukunya yang terkenal tentang Tujuh Hukum Mengajar, dapat kita jadikan panutan untuk mengarahkan cara berifikir filosofi para guru.

Inilah beberapa petunjuk yang perlu dipersiapkan oleh seorang guru yang baik.

  1. Persiapkan bahan pelajaran dengan mempelajarinya berulang-ulang. Jangan mengandalkan bahwa kita sudah pernah mempelajarinya karena apa yang kita ketahui dahulu pasti sebagian sudah terhapus dari ingatan kita.
  2. Carilah urutan yang logis dari tiap bagian dalam pelajaran yang dipersiapkan tersebut. Setiap pelajaran selalu berangkat dari pengertian-pengertian dasar yang sederhana baru ke tingkat pengertian yang tinggi. Pelajari urut-urutan yang logis dari pelajaran yang dipersiapkan tersebut sampai terwujud suatu pengertian yang dapat saudara uraikan dengan kata-kata sendiri.
  3. Carilah analogi atau ilustrasi untuk mempermudah penjelasan fakta-fakta dan prinsip-prinsip yang sulit dimengerti oleh siswa. Khususnya prinsip-prinsip abstrak.
  4. Carilah hubungan antara apa yang diajarkan dan kehidupan sehari-hari siswa. Hubungan-hubungan inilah yang akan menentukan nilai praktis penerapan dari pelajaran itu.
  5. Gunakan sebanyak mungkin sumber referensi berupa buku-buku atau bahan-bahan yang sesuai, tetapi pahami dahulu sebaik-baiknya sebelum menyampaikan kepada siswa.
  6. Harap diingat bahwa lebih baik mengerti sedikit, tetapi benar-benar mantap daripada mengetahui banyak, tetapi kurang mendalam.
  7. Sediakan waktu yang khusus untuk mempersiapkan tiap pelajaran sebelum berdiri di depan kelas. Dengan persiapan matang, kita akan semakin menguasai pengetahuan dan gambaran apa yang diajarkan akan semakin jelas.

Demikian sekilas tentang perihal perilaku yang sebaiknya para dewan Guru perhatikan guna menghadapi para peserta didik yang rendah atensinya terhadap perkembangan pssitif/akhlaqul karimah. Membaca adalah modal awal untuk memahami sebuah ilmu, akhlaqul karimah membutuhkan ilmu dan pemahaman terutama kebenaran yang hak ayng meraka harus dapat mencernanya dengan benar, menelan dengan benar sehingga ketika didalam perut tidak menjadikan penyakit riya, sombong, takabur atau sejenisnya.

Masalah yang terakhir ini sudah menjadi trenisasi yang tepusat pada kalimat waaaah dalam bahasa jawa atau glamour dalam bahasa kerennya. Anehnya atau ironisnya orang tua setuju terhadap perihal WAH ini. Apakah pembaca termasuk yang ini? jangan Sobat.... agama melarangnya dan kita akan berdosa tujuh turunan. Untuk menghindarinya marilah kita saling bersilaturahmi sehingga dapat saling mengisi, memberi dan memperhatikan kelebihan atau kekurangan Saudara-Saudara kita.

Kelebihan mereka adalah menjadi kelemahan milik kita dan kelebihan yang kita milikipun menjadi kelemahan bagi Saudara kita. Mari kita belajar memehami diri sendiri, menjadi contoh bagi diri sendiri dan memperbaiki untuk diri sendiri jangan sebaliknya selalu memandang orang lain adalah salah, adalah bodoh, adalah tidak baik alias bobrok sementara kita tidak lebih baik dari mereka. ati-hati dengan penyakit WAH ! Hilangkan penyakit WAH ! Hilangkan Virus WAH ! yang siap menjalar dalam hati kita masing-masing.

Sumber: John Milthon Gregory. Tujuh Hukum Mengajar dalam terjemahan

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.

WELCOME

Info toko surya62Info toko surya62
DAFTAR ISI BLOG
Photobucket
Anda pengunjung ke free web counter
free web counter

Info Toko Surya62



feed

Akses Blog ini menggunakan peramban tercepat dan terpercaya berikut ini agar HTML5 & CSS3 dapat tampil dengan sempurna dan memuaskan...!
chrome

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Review http://s-surya62.blogspot.com on alexa.com

DMCA.com

Status Blog :
S-surya62.blogspot.com Worth

Pagerank



Popular Posts


Facebook

Networkedblogs



Bisnis Modern Di Internet

Awali kegiatan Anda untuk bisnis Internet
Ambil keputusan segera saat ini juga

peluang usaha

dengan sugesti yang mantap
hari ini juga untuk masa depan Anda
ini peluang usaha yang menggairahkan

peluang usaha

keberhasilan Anda
menggelitik tangan untuk bergabung
rizqi takkan pernah putus
mulai hari ini juga, ada harapan
ini kesempatan baik bagi Anda
sebagai harapan keluarga.

peluang usaha

Agan gak mau pusing ka?
klik aja dari sini!!!


Sudah Saatnya Anda Sukses
dan
Meraih Jutaan Rupiah
Tiap Harinya

bisnis asetbersama melimpah untuk anda hasilnya

BERSAMA MENUJU KESUKSESAN www.asetbersama.com

Berbagi itu Indah



Info Toko Surya62 © 2013 Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design