Cara Membuat RPP IPA Berkarakter
- INDENTITAS
- STANDAR KOMPETENSI Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
- KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
- INDIKATOR
Menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dan masing-masing diberikan contohnya.
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membedakan pengertian Pengetahuan dengan Ilmu Pengetahuan.
- Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah dan memberikan contoh masing-masing.
- Siswa dapat menjelaskan pengertian penelitian ilmiah.
- Siswa dapat membedakan pengertian Pengetahuan dengan Ilmu Pengetahuan.
- MATERI POKOK
Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)
- Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Disiplin Ilmu
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu yang merupakan ciri khas manusia. Manusia memiliki rasa ingin tahu mengenai benda-benda dan gejala-gejala alam di sekitarnya, dan dirinya sendiri. Dari rasa ingin tahu tsb, manusia menggunakan akal pikirannya untuk mencari tahu serta mempelajari gejala-gejala alam agar dapat bermanfaat dalam kehidupannya. Jadi, Ilmu pengetahuan alam (sains) adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam secara apa adanya. - Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam memiliki ciri-ciri sebagai berikut.- Konkret
Ilmu pengetahuan alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat ditangkap oleh indera. - Logis
Ilmu pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalah cara berpikir dengan menggunakan logika dan objek. Kesimpulan yang diambil berdasarkan logika-logika tertentu, baik secara induktif atau deduktif. - Objektif
Hasil dari ilmu pengetahuan alam merupakan suatu produk yang terhindar dari maksud-maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan. - Empiris
Ilmu pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman konkret yang dapat dirasakan oleh semua orang dan dapat dibuktikan secara ilmiah. - Sistematis
Hasil kajian ilmu pengetahuan alam, baik hasil penelitian atau kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan. - Teori-teorinya berlaku umum
Begitu banyak teori-teori sains yang lahir dari ilmuwan yang mengkaji gejala-gejala alam. Teori-teori itu berlaku umum dan dapat diketahui oleh orang lain tanpa batas.
- Konkret
- Proses Ilmiah
Proses ilmiah merupakan perangkat ketrampilan kompleks yang digunakan dalam melakukan kerja ilmiah. Proses pemecahan masalah-masalah tersebut harus menggunakan langkah-langkah yang objektifdan sistematis, langkah ini biasanya dikenal dengan metode ilmiah. - Langkah-langkah dari metode ilmiah dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Merumuskan masalah
- Observasi
- Menyusun hipotesis
- Eksperimentasi
- Menarik kesimpulan
- Menguji kesimpulan
- Merumuskan masalah
- Kriteria dari metode ilmiah antara lain :
- Berdasarkan fakta
- Bebas dari prasangka
- Menggunakan prinsip analisis
- Menggunakan hipotesis
- Menggunakan ukuran objektif
- Menggunakan teknik kualifikasi
- Berdasarkan fakta
- Produk Ilmiah
Produk ilmiah adalah produk yang dihasilkan berupa fakta atau teori yang diperoleh dengan menggunakan proses ilmiah dan sikap ilmiah.
- Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Disiplin Ilmu
- METODE PEMBELAJARAN
- Induktif: Metode Tanya Jawab (interaktif), pemberian informasi, diskusi kelompok.
- PROSES PEMBELAJARAN
- Persiapan dan Pembuka (± 15 menit)
- Salam dan Perkenalan
- Mengecek presensi siswa
- Menginformasikan mengenai outcomes dan prosedur penilaian
- Apersepsi dan motivasi
- Salam dan Perkenalan
- Kegiatan Inti (± 70 menit)
- Eksplorasi alokasi waktu : 15 menit Tempat : Ruang kelas
Kegiatan Guru :
- Memotivasi siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan topik yang dipelajari
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru
- Elaborasi alokasi waktu : 30 menit
Kegiatan guru :
- Mempresentsikan topik mengumpulkan informasi dan masalah yang dimiliki siswa
- Mengarahkan siswa untuk memehami materi
- Mengobservasiaktivitas siswa
- Memperhatikan penjelasan guru dengan baik.
- Memberikan informasi dan jawaban dari pertanyaan guru
- Mempresentsikan topik mengumpulkan informasi dan masalah yang dimiliki siswa
- Konfirmasi alokasi waktu : 30 menit
- Memberikan beberapa latihan.
- Memberikan komentar terhadap pertanyaan dan memberikan penjelasan jika terdapat miskonsepsi.
- Mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru.
- Memperbaiki pemahaman yang keliru.
- Memberikan beberapa latihan.
- Kegiatan Penutup alokasi waktu : 5 menit
- Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai topik
- Memberikan tugas rumah
- Menginformasikan mengenai topik selanjutnya
- Salam penutup
- Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai topik
- Eksplorasi alokasi waktu : 15 menit Tempat : Ruang kelas
- Persiapan dan Pembuka (± 15 menit)
- SUMBER BELAJAR
- Buku IPA oleh :Pujiningsih, Nining., Devi Puspitasari, dan Agus Sugiantoro. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Arya Duta.
- Internet
- Buku IPA oleh :Pujiningsih, Nining., Devi Puspitasari, dan Agus Sugiantoro. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Arya Duta.
- ALAT DAN MEDIA
- Spidol dan White Board
- PROSEDUR PENILAIAN
- Metode Evaluasi: Kognitif melalui tugas. Afektif dilakukan dengan lembar pengamatan individu, yang dilakukan oleh guru mengadakan penilaian, baik berupa komentar atau dalam bentuk pengamatan. Penilaian Afektif juga menggunakan rubrik penilaian afektif.
- Instrumen : soal pilihan ganda dan essay pada buku pegangan.
- Metode Evaluasi: Kognitif melalui tugas. Afektif dilakukan dengan lembar pengamatan individu, yang dilakukan oleh guru mengadakan penilaian, baik berupa komentar atau dalam bentuk pengamatan. Penilaian Afektif juga menggunakan rubrik penilaian afektif.
Mata Pelajaran | : | IPA |
Sekolah | : | SMK Padang Laut Jl. Kemerdekaan No. 45 Kebumen Jawa Tengah (54393) |
Kelas/Semester | : | X Akuntansi / 1 |
Alokasi Waktu | : | 2 jam x 45 menit |
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.