Tuesday, March 20, 2012

HTML5 Idola Blogging Master

Mengapa HTML5 Idola Blogging Master ?

HTML
Assalamu'alaikum warakhmatullahi wabarakatuh. Apa khabar Sahabat blogger yang berbahagia, kebahagiaan menyelimuti hati ketika Sahabat semua selalu dalam keadaan sehat wal'afiat dan tak ada kata yang apling selain rasa syukur atas limpahan rakhmat yang takkan pernah terhitung kepada kita sekalian sehingga pada kesempatan kali ini saya masih dan selalu bersenandung dan bercerita dengan Anda Sahabatku. Hari ini sesuatu yang sedang saya fikir yaitu tentang HTML5 yang konon akan menjadi idola bahkan akan menjadi pujaan para peblogging bahkan para master, karena sebagai bahasa pengantar untuk dapat berkomunikasi dengan kita semuanya dalam dunia maya akan lebih sempurna alami dan tulen bahkan kecepatannya akan luar biasa diakses karena struktur bahasanya yang simpel dan ringkas.

HTML adalah sebuah bahasa markaup yang digunakan dalam dunia maya yang diartikan sebagai Hipertext Markaup Language. Sebagai bahasa pengantar HTML5 akan mampu menjelaskan sebuah ilustrasi text ataupun gambar sesuai aslinya sehingga akan tampil elegant dan peka terhadap hasrat penyandangnya. Konon HTML5 dikembangkan oleh W3C, hingga tahun 2004 ketika para pengembang merasa terusik dengan pihak pengembang HTML hanya berkonsentrasi pada masalah XML dan XHTML sehingga tidak mau mendanai kebutuhannya, sehingga mereka membentuk kelompok baru yang disebut WHATWG yaitu (Web Hypertext Aplikasi Teknologi Kelompok Kerja) yang ditujukan untuk berkembang Web. Mereka mulai dengan bekerja pada spesifikasi baru dari HTML - HTML 5.

HTML 5 adalah versi baru dari HTML 4.01 dan XHTML 1.0 berfokus pada kebutuhan pengembang aplikasi Web dan mengatasi ditemukannya isu yang berkembang saat ini tentang HTML.
HTML bukan bahasa pemrograman, Ini adalah metode menandai isi dari halaman web pemakainya, sehingga web browser tahu bagaimana pemakai ingin menampilkan kehendaknya. HTML terdiri dari beberapa tag yang berbeda sehingga dapat berfungsi untuk menampilkan potongan konten halaman pemakai dengan mengidentifikasi kehendak isinya. Contohnya pemakai ingin memasukkan setiap paragraf dengan tag paragraf. Web browser kemudian tahu bagaimana untuk menampilkan konten berdasarkan tag yang digunakan oleh pemakai. Pemakai dapat mengubah cara web browser memproses stylesheet HTML yang digunakan para pemakainya.

Bagaimana kita dapat menuliskan HTML yang akan kita gunakan? hal ini sangat penting untuk diperhatikan, tetapi tidak usah khawatir karena hingga sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai edito markup yang dimaksud baik yang gratisan maupun yang berbayar, seperti :

  1. Wordpad;
  2. Notepad;
  3. Komodo;
  4. Coffeecup HTML dan lain-lainnya.
Berikut ini adalah sebagai ilustrasi tentang struktur dasar HTML5 yang sangat memungkinkan untuk kita kembangkan,

Contoh :

  1. <p> Ini adalah paragraf. </p>
  2. Class istilah yang digunakan dalam pemrograman berorientasi objek untuk menunjukkan jenis objek.

    Misalnya :

    • 1 adalah angka sehingga termasuk kelas nomor;
    • hari ini adalah tanggal sehingga termasuk kelas tanggal;
    • A class sebagai tag A juga memiliki metode yang melekat padanya yang menentukan bagaimana sifat benda milik class dapat dimanipulasi misalnya var today = new Date;

HTML 5 adalah spesifikasi terbaru untuk HTML, dan banyak browser akan mulai mendukungnya di masa depan. Satu hal kelebihannya adalah tentang percobaan untuk tetap kompatibel, sehingga jika kita tidak bermaksud mempelajarinya tentu seperti tidak kita perlukan oleh karenanya adalah tantangan untuk mempelajarinya agar mampu menggunakan HTML5 sebagai bahasa pengantar yang kompatible dalam dunia maya masa kini dan yang akan datang yang mampu mengilustrasikan sesuai kehendak pemakainya. Untuk memahami HTML5 tentu harus memahami dasar-dasar HTML seperti contoh berikut ini :

  1. <p> ini adalah "Penanda ayat" dimana tag ini memisahkan kelompok teks dengan ruang ekstra, misalnya tag </p> yaitu tag penutup untuk XHTML yang valid.
  2. <h#> ini adalah "Penanda pos" dimana tag ini menciptakan pos dari berbagai ukuran. misalnya tag tanda # diganti dengan angka 1 hingga 6, maka akan menjadi </h#> yang berarti tag penutup yang selalu dibutuhkan contoh .</h2> ditutup dengan </h2>.
  3. <hr/> ini adalah tag horizontal untuk menandai garis memanjang dengan menambah lebar misalnya <hr width="50%" /> tidak ada tag penutupnya.
  4. <br /> ini adalah tag pergantian atau ganti baris, tag ini tidak memiliki tag penutupnya.
  5. <strong> ini adalah tag tebal atau penanda ketebalan yaitu untuk menebalkan text misalnya <strong> dengan penutup </ strong>
  6. <em> ini adalah tag miring untuk memiringkan teks misalnya </ em>tag penutup diperlukan</em>
  7. <html> ini adalah tag HTML sebagai penanda awal HTML sehingga web browser dapat menerima bahwa apa yang dikirim adalah dapat terbaca sebagai dokumen HTML, tag ini membutuhkan tag penutup, misalnya <html> ditutup dengan </html>
  8. <head> adalah tag head yaitu tag yang berada setelah tag HTML. Satu-satu yang dapat disuguhkan di tag ini adalah judul (title) misalnya <head><title> Judul Blogg </title></head>, dimana masing-masing tag tersebut harus tertutup.
  9. <body> ini adalah Tag badan/tubuh yang nantinya akan nampak pada penampilan web. Tag ini membuthkan penutup yaitu tag </body>

Dari contoh diatas akan tampil dalam stuktur dasar HTML secara kronologis sebagai berikut:


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta http-equiv="Content-type"
content="text/html;charset=UTF-8">
<title>Penerapan HTML5 to blogger mania
di Info toko surya62</title>
<p>Ini adalah contoh wawasan penggunaan HTML
sebagai bahasa aplikasi dalam dunia maya
yang harus <b>dicermati</b>, <i>dipelajari</i>
dan <u>dilaksanakan</u> sehingga tidak
terjadi kesalahan dalam penerapannya</p>
</head>
<body>
</body>
</html>

Contoh tersebut hampir tidak nampak perubahan antara versi HTML1 dengan versi HTML5, perbedaan hanya pada induknya yaitu identitas validasi dari W3C silahkan dibedakan dengan contoh berikut ini:

Contoh HTML1 :


<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0
Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
<html lang='en' xml:lang='en'
xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml'
xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b'
xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data'
xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
><meta content='A9ED5A5B6EBE0F416B8677B165CE8DED'
name='msvalidate.01'/>
<head>
<title>Info Toko Surya62</title>
</head>
<body
<p>Ini adalah contoh struktur HTML versi 1
pada template blogger versi baru</p>
</body>
</HTML>

Demikian sekilan info dari saya kali ini semoga dapat menjadi gambaran bagi kita sekalian dalam penerapan HTML5 untuk menyongsong pesatnya dunia maya yang semakin mendunia baik dalam komputer PC, Komputer micro (laktop atau notebook) ataupun fasilitas mobil (HP, android, blackbery atau sekelasnya). Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum wa Rakhmatullahi wa Barakatuh.


Sumber :

  • http://parsell.blogspot.com
  • http://webdesign.about.com
  • Dasar-dasar Penerapan HTML Alexindo tahun 2007

Bergabunglah untuk cari uang tak berbelit-belit!

Join wazzub Now

5 comments:

  1. menurut saya , perbedaan antara HTML 5 dan HTML yang lain itu terletak pada keringkasanya saja,, pernyataan dulu di tulis dan dibawahnya baru pemanggilan data. sukses slalu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kepada Nara sumber yang telah memberikan komentar terbaik dan memperjelas uraian saya, untuk selanjutnya saya mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  3. :kepada teman blogwolking, mari kita tingkatkan kemampuan IT kita yang selama ini ketinggalan jauh dengan para pengembang contohnya seperti saya yang masih bodo leak... leok...semua tinggal pakai, itu saja masih keok!!! aduh jen... mari berbagi untuk kemanfaatannya karena dengan berbagi segalanya akan tercukupi, indahnya jika selalu berbagi, semangat...!!!

    ReplyDelete

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.