Sunday, December 30, 2012

Mengatasi Lazyloading Blogspot dengan Plug in

Assalamu'alaikum warakhmatullahi wabaraktuh. Sahabatku Bloggers yang berbahagia, berikut ini saya telah googling ke berbagai script plugin lazyloading yang berfungsi untuk mempercepat loading blog bersama mbah Google dengan fasilitas G.Crhoome sebagai kendaraan tercepat dalam search engine, ditemukan plugin yang cukup untuk menjadi pertimbangan. Tujuannya satu yaitu upaya mempercepat loading meski kita menggunakan script java yang lumayan jumlahnya.

Sebelum saya sampaikan solusinya, saya sampaikan informasi bahwa saya menggunakan template dibawah licensi :
Blogger Template Style
Name: ModernCars
Author: Lasantha Bandara
URL 1: http://www.premiumbloggertemplates.com/
URL 2: http://www.bloggertipandtrick.net/
Date: May 2012
License: This free Blogger template is licensed under the Creative Commons Attribution 3.0 License, which permits both personal and commercial use.
However, to satisfy the 'attribution' clause of the license, you are required to keep the footer links intact which provides due credit to its authors. For more specific details about the license, you may visit the URL below:
http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/

Penggunaan java script saya maksimalkan dan gambar terpasang tidak di compres termasuk java script juga tidak terkompresi. Score dalam search engine menurut mbah Google pada template saya adalah 87 dari nilai maksimal 100. Untuk sementara saya masih bertahan pada keadaan aslinya meski saya sudah mengkompres CSS secara manual dan menyimpan script pada google code pada status copyright. Sejauh ini saya hanya mendapatkan kendala pada beratnya loding sehingga bandwitch pada server cukup membengkak akhirnya dalam satu bulan saya harus menghabiskan kurang lebih 9GB, terjadilah loading blog menjadi lelet karena pada server IP saya hanya tersedia 3,8GB dalam satu bulan.

Atas dasar tersebut diatas, saya mencoba mencari plugin yang mampu meringankan bebeberapa hal. Plugin tersebut adalah menggunakan jquery.min versi 1.3.2, sebagai berikut :

<script charset='utf-8' src='http://myscript-js-1.googlecode.com/files/jqueryminjs1.3.2.js' type='text/javascript'/> 
<script src='http://myscript-js-1.googlecode.com/files/lazyload.js' type='text/javascript'/> 
<script charset='utf-8' type='text/javascript'> 
$ ( function () { 
$ ("img"). lazyload ({placeholder 200}); }); </script>

Jika sobat Bloggers tertarik silahkan di copy plugin tersebut namun sebelum dilakukan experimen simpan terlebih dahulu template sobat untuk menghindari kemungkinan kegagalan dan pindahkan script tersebut diatas ke program notepad pada komputer sobat, lakukan editing karena saya khawatir ada kerenggangan pada tag http-nya sehingga akan menggangu bahkan akan terjadi kegagalan silahkan rapatkan tag tersebut diatas dengan baik pada tag http-nya.

Cara menempatkan pada template sobat cukup mudah, yaitu berada diatas tag </head> dan isnya-Allah.SWT, akan mendukung kelancaran proses loading seperti blog milik saya ini, terbukti setelah saya pasang plugin ini saya lakukan testing meningkat hampir 45% dari aslinya. Mungkinkah ada jalan lain untuk mengatasi loding blog kecuali plugin ini? jika ada tolong sobat Bloggers dapat menginformasikan melalui komentar atau lewat email, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya, mohon maaf atas kesalahan,
Wassalamu'alaikum warakhmatullahi wabarakatuh.



Join wazzub Now

2 comments:

  1. betul Gan, lazyload tersebut diatas dapat membuat lambat blog, tapi juga dapat lebih meningkatkan, tergantung keadaan blognya saja...

    ReplyDelete

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.