Sunday, June 10, 2012

Aktualisasi Video dan Audio Streaming

  1. Video On Demand
  2. Video on Demand adalah penyajian video yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet atau intranet, dimana pemirsa bisa melihat kapanpun sepuasnya dapat berulang ulang tanpa harus terikat waktu dan tempat. Video bisa disajikan langsung secara streaming atau download. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam Video/Modul on Demand antara lain :
    1. Local Area Network,
    2. Karakteristik video digital,
    3. Format File Video,
    4. Kompresi Video Digital,
    5. Standar Kompresi Video, Streaming,
    6. Internet broadcasting,
    7. Streaming Interaktif,
    8. Format Streaming,
    9. Codec,
    10. Bandwidth.
  3. Internet Protocol Based Television (IPTV) / Digital TV
  4. IPTV merupakan penyediaan layanan streaming TV secara langsung via jaringan IP ber-bandwidth lebar. Layanan ini bersifat multicast, yakni dari satu sumber untuk banyak pengakses secara bersamaan. "Seperti TV biasa, tetapi punya layanan plus, plus, plus. Jadi, IPTV ini akan memanjakan penonton dengan program-program TV interaktif. Ada minimal 4 tipe layanan yang harus didukung oleh IPTV, yaitu Live TV, VoD (Video on Demand), TSTV (time-shifted TV) , PVR (Personal Video Recording).
  5. Video Conferencing
  6. Video conferencing audio conferencing adalah penggunaan komputer jaringan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan interaksi berupa video/gambar dan audio/suara, yang dapat dikatakan tidak lepas dari perihal streaming.
  7. Cara kerja video streaming
  8. Berawal data dari source baik berupa audio maupun video di-capture dan disimpan pada buffer memori komputer kemudian di-encode sesuai format yang diinginkan. Kompresi data oleh user dapat dilakukan agar data berukuran kecil agar menyesuaikan bandwitdh jaringan, atau paling tidak efisiensi dalam proses encode tersebut, selanjutnya data di-stream ke user lain. User men-decode data dan menampilkan hasil ke layarnya yang ditentukan oleh latency yaitu waktu yang dibutuhkan agar data sampai dari pemancar hingga penerima. Latency sangat ditentukan oleh kemampuan jaringan, specifikasi komputer yang digunakan user serta keakaurasian data sehingga tidak putus-putus.
  9. Hal-hal yang berkaitan dengan video streaming
    1. Media server
    2. Media server. digunakan untuk mendistribusikan on-demand atau webcast suatu konten ke klien. Juga bertanggung jawab untuk mencatat semua aktivitas streaming, yang nantinya digunakan untuk billing dan statistik. Player, dibutuhkan untuk menampilkan atau mempresentasikan konten multimedia (data stream) yang diterima dari media server. File-file khusus yang disebut metafile digunakan untuk mengaktifkan player dari halaman web. Metafile berisi keterangan dari konten multimedia. browser web mengunduh dan meneruskan ke player yang tepat untuk mempresentasikannya. Selain itu, juga berfungsi untuk melakukan dekompresi.
    3. Media streaming adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling mendukung dari sebuah teknlogi yang memungkinkan proses distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Teknologi media digitas berupa video, suara dan data agar bisa diterima secara terus-menerus atau disebut stream, dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien melalui jaringan internet.
    4. Format streaming terbagi atas :
      1. Format Real Player (.rm/.ra/.ram)
      2. Windows media (.asf/.wmx/.asx)
      3. QuickTime (.mov)
    5. Komponen dalam streaming media terdiri dari media source, yaitu sumber yang akan menampilkan suatu konten presentasi baik berupa sumber live (nyata) seperti kamera video dan berupa media microphone.
    6. Multimedia streaming yaitu suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video digital secara realtime pada jaringan komputer dengan ciri-ciri :
      1. Streaming dapat dilakukan pada bandwith dengan kecepatan rendah,
      2. Web master tidak perlu risau dengan bandwith,
      3. Web master tidak dibatasi oleh besar file,
      4. Hanya dapat dilihat pada saat online,
      5. Kualitas gambar sangat ditentukan kemampuan server dan kemampuan penerima.
  10. Kendala yang dapat terjadi dalam streaming multimedia
    1. Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream disamping kondisi jaringan juga sangat menentukan bandwidth. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringansehingga perlu kompresi data dan penggunaan buffer.
    2. Sinkronisasi dan delay dilakukan agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya. Untuk itu media tersebut harus tersinkronisasi sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.
  11. Karakteristik Multimedia Data
    1. Voluminous : Membutuhkan data rate tinggi dan berukuran besar.
    2. Real-time and Interactive : Membutuhkan low delay, membutuhkan sinkronisasi.
    3. dan interaktif

Bergabunglah untuk cari uang tak berbelit-belit!

Join wazzub Now


No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.