Thursday, June 16, 2016

Langkah-langkah pengelolaan pembelajaran tematik terpadu.
Langkah-langkah mengelola pembelajaran tematik integrative diawali dari menginventarisir tema dan dipilih dari tema yang paling sederhana, dekat dengan lingkungan, sesuai dengan usia dan perkembangan siswa. Setelah penetapan tema dibuatlah matrik yang menggambarkan hubungan antar mata pelajaran, kompetensi dasar dan indicator yang disatukan dalam sebuah tema. Kalender tematik dibuat setelah matrik, kalender tematik berisi informasi tentang agenda (jadwal) pembelajaran tematik. Setelah itu mempelajari silabus dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekaligus penilaiannya. Proses tersebut dapat dilihat pada bagan berikut:
 

Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik



Menetapkan mata pelajaran             
Semua mata pelajaran yang akan diajarkan diinventarisir. Mata pelajaran tersebut dipetakan atas kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Menetapkan KD dan indikator
Setelah melakukan penetapan mata pelajaran dan memetakan KI dan KD maka guru perlu untuk menterjemahkan kompetensi dasar (KD) ke dalam indikator. Indikator merupakan alat ukur yang akan digunakan oleh guru dalam teknis pembelajaran.

Menginventarisir tema
Beberapa mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indicator akan diikat dengan tema. Tema merupakan media pemersatu agar penyajian pembelajaran bisa terintegrasi. Tema sebaiknya tidak terlalu luas tetapi juga jangan terlalu sempit. Tema yang terlalu luas bisa dijabarkan menjadi sub-sub tema atau anak tema yang lebih spesifik. Sub tema tersebut kemudian dijabarkan dalam materi pembelajaran seperti contoh dalam skema berikut:






Pemetaan
Pemetaan mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator ke dalam tema merupakan dasar penyusunan matrik. Pemetaan bisa dilakukan dengan menggunakan format berikut:




Menyusun matrik
Pada tahap ini dilakukan pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang bisa disatukan dalam sebuah tema dalam bentuk matriks. Dengan jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat dikembangkan sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.

Sub Tema 1 Aku Anak Sehat

 

Pembelajaran 1


 Menyusun kalender akademik
Kalender tematik dibuat setelah matrik Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang diikat dalam tema selesai dibuat. Kalender ini sebagai panduan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik yang berfungsi sebagai jadwal

Pemetaan Alokasi Waktu Tematik




Mempelajari Silabus
Mempelajari Silabus yang nantinya akan dijabarkannya ke dalam RPP.

Menyusun Rencana Pelaksaanaan Pembelajaran (RPP)

Berdasarkan Permendiknas RI no 81 A bahwa RPP disusun dengan komponen sebagai berikut : 
  1. Identitas sekolah (nama sekolah, tema, kelas/semester dan alokasi waktu; 
  2. Kompetensi Inti (KI-1, 2, 3 dan 4); 
  3. Kompetensi Dasar; 
  4. Indikator Kompetensi; 
  5. Tujuan Pembelajaran (sesuai indikator); 
  6. Materi Pelajaran, yang dikemas dalam satu tema mencakup esensi materi beberapa mata pelajaran; 
  7. Metode Pembelajaran, yang mampu memungkinkan kegiatan belajar aktif dengan pendekatan Saintifik; 
  8. Langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari :
    • Pendahuluan(merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik agar siapmengikuti proses pembelajaran); 
    • Kegiatan inti(merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipatif aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembanganfisik serta psikologis peserta didik). Kegiatan inti dilakukan melalui proses eksplorasi,elaborasi, dan konfirmasi. Ketiga proses tersebut dirancang secara terpadu melaluikegiatan mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, danmembaca; 
    • Kegiatan Penutup(merupakankegiatan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yangdilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian, refleksi, umpanbalik, dan tindak lanjut berupa penugasan terstruktur dan atau kegiatan mandiri tidakterstruktur;
  9. Penilaian yang dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Sumber :
Tutik Rachmawati (Widyaiswara PPPPTK BOE Malang)


No comments:

Post a Comment

Terimakasih Anda telah silaturakhim keblog ini dengan misi didaktik metodik pembelajaran di SMK, sehingga setiap saat dapat berubah sesuai kompetensi Pembelajaran. Silahkan berikan komentar yang sangat berharga demi kemajuan blog ini. Sehubungan dengan hak cipta apabila ada konten Anda disini dengan rendah hati saya mohon ijin memuatnya dan jika tidak berkenan mohon konfirmasinya, Mari berbagi untuk info yang manfaat dan belajar sepanjang hayat, salam sukses buat Anda dan keluarga!!! Klik gambar emoticon berikut jika Anda ingin menggunakannya.



Tahukah Anda bagaimana menjadi marketter yang bijak,hebat dan tepat?
daftarkan segera hari ini silahkan klik img bergoyang dibawah!!!

Formula Bisnis ClickBank
Marilah Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web dengan membuka tombol berikut untuk melihat link Anda yang "Sukses!!!" :

Tukar Link Untuk Meningkatkan Performance Blog/Web

Mari kita tukar link secara otomatis untuk meningkatkan rank kita bersama.
Terima kasih atas kebersamaannya untuk menjalin kesetiakawanan,seia dan sekata kita.
Masuklah Anda ke Contact Formuntuk tukar link atau
untuk cek link-bunner sahabat di Link Partner atau kesini saja Kapten untuk silaturahmi bersama teman lainnya.
Adapun link saya seperti berikut ini:
<a href="http://s-surya62.blogspot.com"title="Free blog tutorials on toko information HTML and CSS"target="_blank">Info Toko Surya62</a>



Join Wazzub Now

Silahkan masukkan kode HTML(bebas)jangan lebih dari 50 baris,kemudian klik"convert",
maka akan didapat kode HTML yang siap di posting dan selanjutnya Anda hanya mencopy hasilnya.
Editlah pada program notepad atau wordpad terlebih dahulu ya...

bisnis syariah

Apabila anda ingin menkonvert lengkap encoding dan decoding online
silahkan kunjungi situs Encode/Decode HTML Entities kesini
Salam Pershabatan Selalu dari saya di Info Toko Surya62

MARI MAJU BERSAMA MEMBANGUN BANGSA DENGAN AKHLAQUL KARIMAH
Online Job for All. Work from home computer.